Kamis, 21 Maret 2019 

Penyerahan LHP Dengan Tujuan Tertentu pada Lima Pemerintah Daerah di Provinsi Papua

11/12/2018 – 16:19

Jayapura, 10 Desember 2018
Penyerahan LHP Dengan Tujuan Tertentu pada Lima Pemerintah Daerah di Provinsi Papua
Jayapura-Pada hari Kamis (18/1) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Papua menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Dengan Tujuan Tertentu atas Manajemen Aset Tahun Anggaran 2017 s.d Semester I Tahun 2018 pada lima Pemerintah Daerah di Provinsi Papua, yaitu: Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Puncak, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Kepulauan Yapen. Acara yang diselenggarakan di auditorium Gedung Kantor Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Papua yang dihadiri oleh Bupati Boven Digoel, Bupati Intan Jaya, Bupati, Kepulauan Yapen, Wakil Bupati Puncak, Wakil Bupati Sarmi, Ketua DPRD Kabupaten Sarmi, Ketua DPRD Kabupaten Boven Digoel, Ketua DPRD Kabupaten Intan Jaya, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Puncak.
Acara diawali dengan penandatanganan Berita Acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) antara Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua dengan Bupati dan Ketua DPRD, dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK. Dalam sambutannya Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, Ir. Adi Sudibyo, M.M, menyampaikan bahwa sesuai ketentuan PAsal 23 E perubahan ketiga UUD 1945 Pasal 7 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK Ri, jo Pasal 1 ayat (1) UU No. 17 Tahun 2003 tentang keuangan negara yaitu Penyerahan Hasil Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Manajemen Aset TA 2017 s.d Semester I Tahun 2018 kepada Lembaga Perwakilan dalam hal ini DPRD.
Pemeriksaan ini di lakukan karena dalam pemeriksaan laporan keuangan, persoalan aset tetap atau barang milik daerah belum dikelola secara tertib dan masih menjadi salah satu permasalahan yang menjadi pengecualian dalam laporan keuangan pemerintah daerah.

Sambutan selanjutnya oleh Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop, S.STP yang mewaklli Kepala Daerah yang hadir dalam penyerahan LHP, menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Provinsi Papua yang telah selesai melakukan pemeriksaan atas aset pemerintah Kabupaten Boven Digoel dan Pemerintah Kabupaten yang hadir pada acara ini, kami akan siap menindaklanjuti semua temuan dan rekomendasi oleh BPK dan akan menyelesaikan semua permasalahan aset yang mana selalu menjadi temuan BPK pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. (Humas & TU)