Sabtu, 21 Oktober 2017 

Kabupaten Boven Digoel

boven-digoelKabupaten Boven Digoel terletak pada °-3° LS dan 137°-141° BT. Dengan luas wilayah 26.838 km². Penduduk Boven Digoel tahun 2007 mencapai 51.997 jiwa. Jumlah tersebut terdiri dari 26.852 laki-laki dan 25.145 perempuan. Secara Geografis, wilayah Kabupaten Boven Digoel berbatasan dengan :

–      Sebelah Utara                     : Kabupaten Pegunungan Bintang

–      Sebelah Selatan                  : Kabupaten Merauke

–      Sebelah Barat                      : Kabupaten Mappi

–      Sebelah Timur                     : Negara Papua Nugini

Kabupaten Boven Digoel terbagi menjadi 6 distrik dengan Tanah Merah sebagai ibukota kabupaten. Kabupaten ini diperkirakan menyimpan potensi tambang emas yang tidak sedikit. Selain itu ada juga nikel dan bijih besi di Distrik Mandobo, dan batu bara di Distrik Bomakia. Eksploitasi untuk bahan tambang tersebut belum begitu besar sehingga masih membuka peluang usaha pertambangan.

PERKEBUNAN

Pemberdayaan tanah di kabupaten ini masih terkonsentrasi pada usaha perkebunan. Telah ada usaha perkebunan kelapa sawit di bagian Selatan, yaitu di Distrik Jair. Sawit yang diolah di tempat itu juga menjadi sawit mentah dengan kapasitas produksi sekitar 10 ton perhari dan kemudian dikirim keluar Papua melewati muara Sungai Digul di Kabupaten Mappi. Lahan yang berpotensi untuk ditanami kelapa sawit sebenarnya tidak hanya di Distrik Jair tapi juga di lima distrik lainnya.

Komoditas perkebunan lain yang potensial menjadi sumber penghidupan petani adalah cokelat yang dikembangkan di Distrik Mindiptana dan jambu mete di Distrik Mandobo, Mindiptana, dan Waropko. Kopi juga diusahakan oleh petani di Distrik Jair, Mindiptana, Waropko, dan Kauh. Selain tanaman tanaman tersebut, masih ada pula usaha tanaman vanilli yang dikembangkan di Distrik Waropko.

PERINDUSTRIAN

Pada Tahun 2007 Kabupaten Boven Digoel memiliki Industri Kecil sebanyak 91 unit dengan tenaga kerja sebanyak 235 orang, Industri Menengah yaitu Industri Agro dan Hasil Hutan sebanyak 2 unit dengan tenaga kerja sebanyak 115 orang, serta 3 unit Industri Besar yang juga bergerak dalam Industri Agro dan Hasil Hutan dengan tenaga kerja sebanyak 4.528 orang.

PERDAGANGAN

Kabupaten Boven Digoel sampai dengan Tahun 2007 memiliki 155 unit usaha yang berbadan hukum, yang terdiri dari 80 unit usaha berbadan hukum CV, 12 unit berbentuk PT, 8 unit usaha berbadan hukum PO, 4 unit usaha Koperasi, dan 61 unit usaha merupakan badan usaha lainnya (BUL).

PETERNAKAN

Populasi ternak pada tahun 2007 adalah Babi sebesar 4.457 ekor, kambing sebesar 777 ekor, sapi 458 ekor, ayam buras  sebesar 11.356 ekor dan itik tercatat sebesar 180 ekor.

KENDALA :

1.     Sulit mencapai kota Tanah Merah. Transportasi bisa melalui jalan darat dari Merauke dengan waktu tempuh 15 Jam dengan sewa mobil Rp 8 juta dengan melewati 10 pos tentara . Bisa juga ditempuh melalui jalur udara tetapi sechedule penerbangan tidak tentu.

2.     Sebaran distrik berjauhan, distrik terdekat hanya Distrik Mandobo.

3.     Tidak tersedia air bersih.

4.     Aparatur daerah banyak yang berdomisili di Merauke sehingga menyulitkan pada saat pemeriksaan di lapangan.

5.     Sarana telekomunikasi seperti fax tidak tersedia dan signal telekomunikasi seperti Telkomsel tidak memadai.

6.     Harga BBM mahal.