Senin, 17 Februari 2020 

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun BPK RI Ke 73 Tahun 2020

22/01/2020 – 16:34

Jayapura- Dirgahayu BPK RI ke-73 tahun 2020 diperingati dengan serangkaian acara yang dilaksanakan serentak sesuai jadwal di BPK RI baik kantor pusat maupun di perwakilan. Salah satu bentuk kegiatan pokok Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia adalah melaksanakan Upacara Bendera yang di laksanakan pada hari Senin, tanggal 20 Januari 2020 di masing-masing seluruh BPK Perwakilan.

BPK Perwakilan Provinsi Papua melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-73 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Papua. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Papua, Paula Henry Simatupang, S.E., M.Si., Ak., CPA (Aust)., CFrA., CA. dan yang bertugas sebagai Komandan Upacara Kepala Sekretariat Perwakilan, Ruly Ferdian, S.H., M.H.

Pada kesempatan terebut Inspektur Upacara membacakan Pidato Ketua BPK RI. Disebutkan dalam pidato, peringatan HUT BPK ke-73 tahun mengangkat tema “Bersatu Padu, BPK Maju”. Tema ini sangat relevan karena semangat persaudaraan dan kekeluargaan antar insan BPK merupakan energi yang besar dan harus semakin dikuatkan dengan sinergi setiap unit kerja agar BPK semakin berprestasi dalam mewujudkan pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Perjalanan Panjang selama 73 tahun dalam mengawal transparansi dan akuntabilitas keuangan negara tentu memberikan banyak hikmah dan pelajaran bagi kita semua. Berbagai capaian yang telah diraih mencakup pelaksanaan tugas konstitusional BPK sebagai pemeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, upaya-upaya perbaikan dan penguatan kelembagaan dan SDm serta pengakuan internasional terhadap kiprah dan komptensi BPK sebagai pemeriksa dan Auditor eksternal.

Setiap tahun BPK telah melakukan assurance of accountability atas pengelolaan sekitar Rp4.000 Triliun Keuangan Negara. Sungguh suatu tanggungjawab yang begitu besar. Dibutuhkan integritas, profesionalisme dan independensi yang kuat untuk mengemban tanggungjawab yang besar ini. Dan penting untuk ditegaskan bahwa BPK bukanlah Lembaga stempel WTP. Prestasi BPK sebagai pemeriksa adalah bila dapat merampungkan hasil pemeriksaan sesuai dengan standar pemeriksaan, melalui quality control dan quality assurance yang ketat, mengungkap permasalahan signifikan dan memberi rekomendasi untuk perbaikan tata kelola keuangan negara dari entitas yang diperiksanya.

BPK juga berkontribusi aktif dalam combating fraud, yang di Indonesia dikenal sebagai pemberantasan korupsi. Dengan kriteria pengujian kepatuhan dan efektifitas SPIP pada setiap jenis pemeriksaan yang dilakukan, sejatinya BPK telah melakukan fraud detection dan fraud prevention, atau deteksi dan pencegahan korupsi.

Seiring dengan bertambahnya usia BPK, didesain Visi BPK 2020-2024 menjadi Lembaga pemeriksa yang mendorong pengelolaan keuangan yang berkualitas dan bermanfaat untuk mencapai tujuan bernegara. kita dapat membawa BPK melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melengkapi hal itu, BPK juga mengusung slogan dan paket program yang diberi judul “accountability for All” atau akuntabilitas untuk semua. Atas nama pimpinan BPK mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun yang ke 73 BPK. BPK akan terus meningkatkan peran aktif untuk penguatan kapasitas kelembagaan BPK.

Dalam rangkaian upacara HUT BPK ke-73 tahun, juga di tandai penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 20 tahun dan 10 tahun kepada pegawai atas nama: Andrea Purnam, S.Kom (pemeriksa muda), Ida Bagus Gde Satya Hrdaya Manuaba, S.T (pemeriksa muda), Rachmad Mulyadi, S.E (pemeriksa muda), Hadi Masril, S.E (Pemeriksa Muda).( Humas & TU )